“Ini Sensus, Bukan Densus”

Ilustrasi: Keadaan pasar di Pekanbaru.

Ilustrasi: Keadaan pasar di Pekanbaru.

PEKANBARU (A26 News) – Dengan mengenakan rompi dan topi warna biru muda, sejumlah pria paruh baya menghampiri sekelompok anak jalanan di sebuah persimpangan jalan. Saat itu malam sudah larut dan udara dingin masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, pada Minggu (16/5) dini hari.

Para lelaki itu terlihat melangkah dengan bergegas.

“Dari mana, bang?,” tanya seorang anak jalanan.

Sekelompok anak tersebut sepertinya tak mengharapkan kedatangan tamu tak dikenal pada malam itu. Seorang anak langsung menatap tajam dengan raut muka pucat, mungkin karena terkejut.

“Kami dari tim sensus,” kata pria bertopi biru itu menjawab.

Entah mungkin karena salah mendengar, tiba-tiba seorang anak langsung berteriak dan lari terbirit-birit.”Apa, tim densus. Lari…,” teriak anak itu.

Alhasil, situasi mendadak tegang dan beberapa anak akhirnya ikut melarikan diri. Para pria berseragam biru itu cuma bisa melongo dan berteriak-teriak sambil menjelaskan mereka adalah tim sensus penduduk dari Badan Pusat Statistik (BPS), bukan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror yang bekerja memburu teroris.

Sekelumit kejadian tersebut memberi warna tersendiri dalam pelaksaan sensus penduduk untuk tunawisma di Pekanbaru. BPS secara serentak melakukan sensus penduduk untuk para tunawisma di seluruh Indonesia pada tanggal 16 Mei, mulai pukul 00.00-06.00 WIB. Sensus tersebut juga ditujukan kepada anak jalanan dan orang gila.

Ternyata pelaksanaan sensus untuk tunawisma tidak semudah seperti teorinya. Kesulitan terlihat saat salah satu tim BPS Riau melakukan sensus di 20 titik di daerah Rumbai, Payung Sekaki, dan Pekanbaru Kota.

Hingga sekitar satu jam berkeliling, petugas belum menemukan satu pun tunawisma di lokasi yang dituju. Beberapa lokasi yang sebelumnya telah diidentifikasi sebagai tempat tinggal sementara para tunawisma, ternyata kosong, dan petugas hanya menemukan tikar dan beberapa pakaian bekas.

“Banyak tempat yang biasa menjadi tempat istirahat para tunawisma, ternyata kosong. Mungkin karena sekarang malam Minggu, jadi masih banyak tunawisma yang mengemis belum kembali ke tempat mereka,” kata koordinator tim sensus tunawisma dari BPS Riau, Usman.

Lebih Sederhana

Kepala BPS Provinsi Riau, Abdul Manaf, mengatakan, pihaknya menurunkan tiga tim yang terdiri atas 30 anggota sensus untuk mendata jumlah tunawisma di Pekanbaru. Ia juga mengatakan prosedur sensus tersebut lebih sederhana karena hanya akan fokus pada pendataan jumlah tunawisma.

Ia menjelaskan, petugas BPS hanya akan mendata target sensus perihal nama, umur, jenis kelamin, dan tanggal serta tempat tanggal lahir.

“Mereka yang tidak punya KTP juga tidak masalah, karena kami hanya akan mendata jumlah tunawisma agar mereka tidak tertinggal dalam pelaksanaan sensus penduduk,” ujarnya.

Meski begitu, mudahnya teori sensus tunawisma ternyata berbeda jauh dari pelaksanaan di lapangan. Petugas sensus, ujar Andul Manaf, harus ekstra sabar dalam melakukan tugas mereka.

“Melihat kami datang, mereka kabur, disangka ada razia,” katanya. (Antara)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

One Response to “Ini Sensus, Bukan Densus”

  1. Pingback: Nama Densus 88 Dihapus « Aktual26

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: