Oranje: Kami Bukan Raksasa Penyisihan

Timnas Belanda berniat mengubah citra

Timnas Belanda berniat mengubah citra

BERLIN (A26 News) – Tim Oranje Belanda untuk pertama kalinya dalam 32 tahun terakhir akan memasuki putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan dan mengubah citranya sebagai raksasa babak penyisihan, juru kunci di babak 16 besar.

Belanda terakhir kali masuk putaran final Piala Dunia pada tahun 1978 ketika tuan rumah Argentina pertama kali meraih jawara dunia dengan mengalahkan Belanda 3-1. Tim Belanda harus menelan kekecewaan yang sama, setelah pada turnamen sebelumnya tahun 1974 juga harus puas menjadi runner-up.

Dalam beberapa turnamen utama, Belanda cenderung menggunakan pemain dengan performa bagus dan permainan bola yang mengalir: bermain mendebarkan di fase grup, namun terkunci di babak 16 besar.

Pada delapan kali penampilannya di Piala Dunia, tim Oranje dua kali mencapai permainan puncak dan terjegal, yaitu pada tahun 1974 dan 1978.

Penampilan terbaik mereka yang terakhir mencapai empat besar pada turnamen di Prancis pada tahun 1998.

Sering dilihat sebagai tim yang spektakuler namun bermental labil, Belanda kembali terkunci di babak 16 besar setelah dikalahkan Portugal empat tahun lalu di Jerman.

Permainan tim tersebut pada Euro 2008 cukup mengecewakan setelah mengalahkan finalis Piala Dunia 2006 Prancis dan Italia di babak penyisihan, namun terjegal oleh Rusia di perempatfinal.

Di tengah kekecewaan tersebut, Bert van Marwijk mengambil alih posisi Marco van Basten sebagai pelatih dan tim Oranje membuat target yang tinggi untuk Piala Dunia Afsel.

Skuad yang dibentuk jelas-jelas menunjukkan ambisi mereka mencapai final dan tampil mengesankan dalam babak kualifikasi dengan meraih delapan kemenangan dari delapan pertandingan. Gawang tim Belanda hanya kebobolan dua kali gol dalam pertandingan melawan Islandia dan Makedonia.

Van Marwijk mempertahankan formasi 4-2-3-1 yang disukai oleh Van Basten dan berhasil melewati babak kualifikasi tanpa cela dengan perpanjangan kontrak dua tahun.

Baik penjaga gawang Edwin van der Saar maupun penyerang Ruud van Nistelrooy sudah pensiun, namun Van Marwijk mewariskan pemain-pemain kunci.

Keberadaan Arjen Robben, Rafael van der Vaart, Robin van Persie, Nigel De Jong, dan Wesley Sneijder, tim Oranje akan tampil prima.

Kekalahan Real Madrid bisa jadi keuntungan buat Belanda di Afsel bersama Sneijder dan Robben yang tengah bersinar setelah dua tahun penampilan inkonsisten di tim Spanyol.

Robben menjadi pencerah di Bundesliga sejak ia barter dari Madrid ke Bayern Munich. Ia mencetak dua gol dalam Bundesliga dimana Bayern menjuarai liga Jerman untuk ke-22 kalinya.

Ia juga berperan penting mengantarkan Bayern menuju final Liga Champions, pertama kali sejak tahun 2001.

Sneijder yang menyelesaikan transfer ke Inter menghadapi masalah sulit untuk segera membuktikan “nilainya”. Ia menampilkan permainan memukau saat menyapu habis AC Milan dengan 4-0.

Dengan kemampuannya membaca permainan, tendangan kuat dan tendangan bebas yang mematikan, ia menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di Seri A.

“Masuknya pemain sekelas dia mengubah seluruh tim,” kata gelandang Chelsea Michael Ballack yang terus mengamati Bundesliga.

“Arjen cepat dan menggiring bola dengan baik. Saya tidak melihat pemain seperti dia di Jerman saat ini.”

Belanda menjadi tim Eropa pertama yang meraih tiket menuju Afsel.

Turnamen tahun ini menjadi kesempatan bagi Robben yang mencetak 11 gol dalam 45 penampilannya, serta Sneijder yang mencetak 12 gol dari 58 penampilannya, untuk menunjukkan pada dunia kemampuan mereka. (Antara)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

4 Responses to Oranje: Kami Bukan Raksasa Penyisihan

  1. Thanks for any other informative web site. Where else may just I am getting that kind of info written in such an ideal means? I have a project that I’m just now running on, and I’ve been on the glance out for such info.

  2. Pingback: Denmark Kalah Sebelum Perang « Aktual26

  3. Pingback: Unduh Gratis Jadwal Piala Dunia 2010 « Aktual26

  4. Pingback: Van Persie: Tanpa Kuyt, Belanda Juara « Aktual26

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: