Jelang Laga, Pilih Bayern Atau Inter?

MADRID (A26 News) – Bentrok Bayern Munchen dengan Inter Milan di partai puncak Liga Champions kali ini mungkin diklaim banyak pihak bukan final ideal. Namun, menilik perjalanan panjang kedua klub sepanjang musim, kenyataannya memang merekalah yang pantas tampil di final. Perjalanan mereka akan berakhir dinihari nanti, di Santiago Bernabeu, Madrid (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB, Red).

Inter datang ke Madrid dengan bekal kepercayaan diri yang menggunung. Maklum, mereka merebut tiket final setelah mengalahkan klub tersukses musim lalu, Barcelona, yang juga berstatus juara bertahan. Sementara Bayern, telah mengalahkan runner-up musim lalu, Manchester United, di perempat final.
Bukan itu saja. Kedua klub juga berpeluang mencatatkan namanya di daftar sedikit klub yang pernah meraih treble winners. Baik Inter maupun Bayern, sudah mengantongi dua gelar di level domestik sebelumnya.

“Tim berada dalam kondisi mental yang sangat bagus sekarang. Kami merasa sangat matang dan solid,” ungkap Ivica Olic, striker Bayern, dalam wawancara dengan Soccernet. “Kami akan mempertahankan gaya main kami seperti di babak-babak sebelumnya, yakni mengutamakan serangan, dan mengandalkan kolektivitas,” lanjutnya.

Dibandingkan Inter, sebenarnya perjalanan Bayern di Liga Champions tidak terlalu meyakinkan. Bahkan ada yang bilang kemenangan mereka selalu berbau keberuntungan. Mereka nyaris tidak lolos fase grup, dan mengandalkan gol away saat melawan Fiorentina dan United. Hanya kemenangan atas Olympique Lyon di semifinal yang cukup meyakinkan.

Sudah begitu, kali ini mereka akan tampil tanpa playmaker jeniusnya, Franck Ribery. Dia harus menjalani sanksi larangan tanding tiga kali, gara-gara kedapatan menginjak engkel striker Lyon, Lisandro Lopez, dalam first leg semifinal. Karena bandingnya ditolak, Ribery dipastikan absen dari skuad FC Hollywood – sebutan Bayern – dinihari nanti. Sementara Inter hanya kehilangan Thiago Motta. Tidak heran kalau Inter lebih difavoritkan.

Franck Ribery tidak bisa tampil dalam ajang final karena sanksi UEFA

Franck Ribery tidak bisa tampil dalam ajang final karena sanksi UEFA

“Peluang kami menjuarai liga ini tidak bisa dipandang dari sisi itu saja,” sergah Daniel van Buyten, defender Bayern. “Kami bukan tim yang terlalu menggantungkan diri pada satu sosok. Tentu saja bakal lebih menyenangkan kalau Franck ada di lapangan bersama kami, karena dia pemain yang luar biasa. Tapi dengan pemain seperti Arjen (Robben), Olic, atau Thomas (Muller), saya rasa kami tetap punya kesempatan,” paparnya.

Tanpa Ribery, der trainer Bayern, Louis van Gaal, tampaknya bakal mempercayakan posisi gelandang sayap kepada Hamit Altintop. Meski penampilannya di semifinal tidak bagus, dia cocok bekerja dengan Olic di sektor sayap kiri.

Sementara itu, tanpa Motta, Mourinho bakal kembali menerapkan skema 4-2-3-1 dengan Goran Pandev atau Mario Balotelli di sayap. Sementara posnya diisi oleh Dejan Stankovic. Para punggawa Nerazzurri – sebutan Inter – pun sudah siap tempur demi memungkasi puasa gelar di kompetisi top Eropa yang sudah berlangsung selama 45 tahun.

“Semua pemain profesional tentu ingin meraih trofi. Tapi Mourinho menginginkan kemenangan lebih dari siapapun, dan dia menularkan semangat itu kepada kami,” ungkap bek Inter, Lucio. “Kami juga tidak peduli kalau gaya main Inter dikritik terlalu bertahan dan melupakan sepakbola indah. Saya yakin bahwa Chelsea dan Barcelona mengakui bahwa kami lebih hebat,” lanjutnya.

Ya, dalam final kali ini, Van Gaal yakin bahwa timnya yang punya karakter menyerang bakal berhadapan dengan tim yang bertahan total. Mantan atasan Mourinho di Barcelona itu juga menyebut permainan Inter membosankan, karena terlalu pragmatis. Tapi, punggawa Inter berjanji menampilkan performa yang tidak biasa untuk meredam ambisi Bayern.

“Taktik macam apa yang bakal kami pakai untuk menghadapi Bayern, jelas rahasia,” tukas Lucio. “Tapi Bayern adalah klub besar, yang punya tradisi lebih bagus daripada kami. Mereka terbiasa berada dalam tekanan, dan punya mental juara. Itu paling tidak mereka tunjukkan dalam dua leg melawan United,” ulasnya.

Diego Milito menjadi andalan Inter Milan untuk menembus pertahanan Bayern Munchen

Diego Milito menjadi andalan Inter Milan untuk menembus pertahanan Bayern Munchen

“Tapi tetap saja, kami tidak takut. Setelah mengalahkan Chelsea dan Barcelona, rasanya tidak ada yang salah dengan kami,” imbuh bek tengah berusia 32 tahun itu.

Mourinho sendiri menyangkal mentah-mentah tuduhan Van Gaal. Menurutnya, timnya bisa menampilkan permainan ofensif jika diperlukan. Contoh yang paling nyata adalah saat melawan Chelsea dalam leg kedua di Stamford Bridge, serta first leg semifinal di Giuseppe Meazza.

“Di Liga Champions musim ini, saya tidak ingat ada laga seperti Inter versus Barcelona di Milan. Tidak ada tim lain yang menyerang seagresif kami di Stamford Bridge. Tidak ada tim lain yang menyerang seperti kami, dan memenangkan babak tersebut. Di dua laga itu, penampilan ofensif kami tidak ada tandingannya,” ucap Mourinho kepada Tribal Football. (JPNN)

Perkiraan Pemain

Bayern Munchen (4-4-2):
22-Butt (g), 21-Lahm, 5-Van Buyten, 6-Demichelis, 28-Badstuber, 10-Robben, 31-Schweinsteiger, 17-Van Bommel (C), 8-Altintop ; 25-Muller, 11-Olic
Pelatih: Louis van Gaal

Inter Milan (4-2-3-1):
12-Cesar (g), 13-Maicon, 6-Lucio, 25-Samuel, 4-Zanetti (C) ; 19-Cambiasso, 5-Stankovic ; 9-Eto?o, 10-Sneijder, 27-Pandev ; 22-Milito
Pelatih: Jose Mourinho

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: