Ternyata Anak Imigran Lebih Rentan Terkena Autisme

Ilustrasi: Anak autis

Ilustrasi: Anak autis

Meski faktor genetis dan lingkungan menjadi faktor terbesar yang jadi penyebab autisme, sebuah studi baru menunjukkan adanya korelasi antara status sebagai imigran dengan gejala autisme pada anak.

Autisme adalah serangkaian penyakit saraf yang kompleks, umumnya ditandai oleh ketidakmampuan, kesulitan komunikasi, dan perilaku yang terbatas dan menunjukkan pola tertentu.

Faktor risiko utama penyebab autisme masih belum diketahui, faktor genetik dan lingkungan, serta keabnormalan pada neurotransmitter di otak sering kali dihubungkan dengan autisme.

Menurut sebuah studi yang baru-baru ini9 dirilis di Inggris, orang yang tinggal di kawasan tertentu, khususnya di kawasan Karibia, ternyata berisiko tinggi melahirkan anak autis.

“Risiko tersebut juga amat signifikan, namun sedikit lebih rendah, di wilayah Afrika dan jauh lebih rendah lagi, namun tetap ada, di kawasan Asia,” kata kepala tim peneliti, Daphne Keen.

Ia menambahkan, bermigrasi dari negara-negara tersebut ke tempat dengan risiko autisme lebih rendah tidak mengurangi kemungkinan melahirkan anak autis.

“(Hasil studi) tampaknya menunjukkan bahwa imigrasi menjadi faktor besar, dan etnisitas mungkin juga menjadi faktor penyebab,” kata Keen. Ia menegaskan bahwa peningkatan risiko semacam itu tidak dilaporkan terjadi pada anak-anak para imigran dari negara-negara Eropa lain.

Para ilmuwan kemudian menarik kesimpulan bahwa ada hubungan jelas antara imigrasi dan autisme, mereka menambahkan tingkat stres karena berpindah lokasi bisa menjadi faktor risiko yang mungkin menyebabkan gangguan tersebut pada imigran.

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: