Dukungan Lesu, Animasi Indonesia Jalan di Tempat

YOGYAKARTA (A26 News) – Animasi Indonesia kurang greget karena perkembangannya tidak dibarengi dengan dukungan industri animasi, kata pengamat komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Zuhdan Aziz MSi.

“Padahal, animator andal di Indonesia sudah banyak. Keterampilan mereka tidak kalah dengan animator luar negeri,” katanya di Yogyakarta, Senin.

Menurutnya, selama ini banyak lulusan animasi yang andal tetapi industri animasinya kurang mendukung sehingga mereka bingung setelah menyelesaikan kuliah.

“Saat ini yang terjadi adalah kemampuan animasi yang melimpah tetapi tidak didukung adanya industri animasi. Dukungan industri sangat dibutuhkan karena pembuatan animasi memerlukan dukungan alat-alat yang banyak dan beragam,” katanya.

Ia mengatakan, perkembangan animasi saat ini cukup menarik, terbukti dari banyaknya animasi yang dipakai iklan, sementara film-film layar lebar animasi saat ini sudah menjadi box office.

Menurutnya, mahasiswa yang menekuni animasi perlu diberikan motivasi bahwa dunia animasi yang saat ini sedang dipelajari merupakan dunia yang menarik dan prospeknya bagus.

Salah satu caranya melalui diskusi dengan mendatangkan praktisi dari industri animasi yang berpengalaman dan membuat karya-karya mahasiswa tidak hanya berhenti di meja penilaian dosen, tetapi juga dipublikasikan.

“Karya-karya mahasiswa tersebut juga bisa dipublikasikan melalui media internet maupun diikutkan dalam festival untuk diadu dengan karya-karya animasi lain,” katanya. (Antara)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: