Lawan Perusahaan, Petani Tembakkan Meriam

Yang Youde menembakkan meriam buatan

Yang Youde menembakkan meriam buatan

BEIJING (A26 News) – Seorang petani di China dengan berani mempertahankan lahan pertaniannya yang hendak dicaplok oleh perusahaan properti menggunakan meriam buatan. Para petani bahkan menembakkan roket ke arah petugas yang hendak melakukan penggusuran.

Yang Youde, pemilik sebidang tanah pertanian di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, berhasil mencegah upaya penggusuran atas lahannya yang sudah terjadi dua kali tersebut. Menggunakan meriam buatan terbuat dari pipa plastik dan dilengkapi senjata peledak dari kembang api, Yang berhasil mengusir semua petugas pertanahan China.

“Tembakan itu dilakukan hanya untuk membuat takut mereka (petugas pertanahan China). Saya tidak bermaksud untuk membuat orang terluka,” ungkap Yang seperti dikutip Reuters, Selasa (8/6/2010).

Roket yang dilesatkan dari meriam buatan Yang itu, mampu menempuh jarak hingga 100 meter dan meledak dengan mengeluarkan suara yang memekakkan telinga. Tidak diketahui apakah korban terluka akibat usaha bela diri dari ini.

Kekisruhan berawal dari penggusuran lahan kerap terjadi di China. Banyak dari warga pemilik lahan dipaksa menyerahkan rumah dan tanah untuk diubah menjadi jalanan atau pun bangunan rumah. Namun seringkali warga diberikan uang pengganti yang relatif kecil dibandingkan harga pasaran.

Lahan milik Yang ditawar Pemerintah China sebesar 130 ribu yuan atau sekira Rp175 juta (Rp1,353 per yuan). Namun Yang menginginkan harga pengganti lima kali lipat dari yang ditawarkan oleh pemerintah. Tidak jelas apakah harga yang diminta oleh petani tersebut memang sesuai dengan nilai tanah miliknya. (Okezone)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: