Ini Adalah Menteri Jepang, Percaya?

Renho yang didapuk menjadi menteri dalam kabinet Jepang baruTOKYO (A26 News) – Cantik, cerdas, dan menarik. Rata-rata, itulah kesan yang terekam di memori hampir semua orang yang baru kali pertama bertemu dengan Renho.

Secara fisik, perempuan 42 tahun tersebut cantik meski tanpa make-up tebal. Gaya busananya simpel dan rapi. Ciri khasnya adalah blazer berwarna putih yang selalu dia pakai dalam acara-acara resmi. Penampilan memang prioritas utama Renho. Maklum, dia cukup lama berkecimpung di dunia pertelevisian sebagai presenter dan pembaca berita.

“Itu sesuatu yang besar,” ungkap Renho setelah pelantikannya sebagai anggota kabinet Kan Rabu lalu (9/6), seperti dilansir Japan Times. Sarjana hukum lulusan Aoyama Gakuin University itu bersama Menteri Kehakiman (Menkeh) Keiko Chiba menjadi dua makhluk tercantik dalam kabinet yang baru. Sebab, selain dia dan Chiba (yang dalam kabinet sebelumnya juga menjabat Menkeh), 15 menteri lainnya pria. Di antara seluruh anggota kabinet tersebut, Renho-lah menteri yang paling muda.

Walaupun percaturan politik bukan hal baru baginya, pengalaman Renho di bidang itu belum terlalu banyak. Sebab, dia belum terlalu lama menyandang predikat politikus. Ibu sepasang anak kembar, Suiran (perempuan) dan Rin (laki-laki), itu baru serius menekuni dunia politik pada 2004, ketika terpilih menjadi anggota Majelis Tinggi Jepang. Sebelumnya, Renho mengenal politik lewat acara televisi yang dia pandu dan berita yang dia bacakan.

Kendati demikian, perempuan berdarah Taiwan tersebut berjanji melakukan yang terbaik untuk publik Jepang. Terutama, mereformasi anggaran belanja pemerintah dengan memangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu. Politikus yang kritis dalam berpikir dan lugas dalam berbicara itu tidak segan untuk menyelidiki anggaran yang mencurigakan. Jika perlu, dia bakal memanggil tim investigasi khusus.

Sejak menjadi anggota majelis tinggi, Renho memang konsisten mengkritisi anggaran belanja negara. Mantan model yang pernah mencari nafkah dengan menjadi Clarion Girl (semacam SPG berpakaian seksi yang menawarkan audio system mobil merek Clarion) tersebut juga tidak canggung mencecar para birokrat Jepang dengan pertanyaan-pertanyaan seputar anggaran. Selain itu, lewat jalur legislatif, dia berusaha keras memangkas anggaran belanja Jepang.

Renho

Renho


“Tugas utama saya adalah memangkas pemakaian rakyat untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Saya rasa, itu pula yang menjadi harapan publik Jepang,” papar istri Murata Nobuyuki tersebut di kantor baru yang mulai ditempatinya Kamis lalu (10/6).

Hadirnya Renho dalam kabinet Kan benar-benar mampu mendatangkan penyegaran yang diharapkan. Betapa tidak, bukan hanya muda, cantik, dan kritis, perempuan kelahiran Tokyo itu juga menjadi menteri non-Jepang pertama. Dia baru resmi menjadi warga Jepang pada 1985, setelah perundang-undangan kewarganegaraan diubah. Begitu aturan itu berlaku, ibu Renho yang asli Jepang mencatatkan putrinya sebagai warga Negeri Sakura. Sebelumnya, Renho berkewarganegaraan ganda.

Namun, fakta tentang kewarganegaraan Renho itu sering dijadikan senjata lawan-lawan politiknya untuk mengkritik dia. (JPNN)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: