Wow, Wiski Berumur Satu Abad Ditemukan!

Wiski Mackinlays yang berusia satu abad lebih

Wiski Mackinlays yang berusia satu abad lebih

WELLINGTON (A26 News) – Museum Selandia Baru memajang satu krat wiski Skotlandia. Hah, bukannya museum tempat memamerkan barang antik? Memang benar karena wiski yang dimaksud adalah barang antik yang usianya satu abad lebih. Tapi, wiski itu dipajang hanya untuk dianalisis, bukan untuk dicicipi.

Peti wiski itu ditemukan awal tahun ini, bersama empat peti lainnya yang berisi wiski dan brandy, di bawah lantai sebuah pondok yang dibangun penjelajah Inggris Sir Ernest Shackleton dalam ekspedisi Antartika yang dilakukannya pada 1908.

Empat peti dibiarkan tetap ada di dalam es, tapi salah satunya yang berlabel wiski Mackinlay dibawa ke Museum Canterbury di Christchurch di Kepulayan Selatan Selandia Baru, para staf museum mengatakan pada Rabu (21/7) bahwa wiski itu disimpan dalam lingkungan yang terjaga, demikian dikutip A26 dari Associated Press.

Lantas seperti apa rupa wiski satu abad itu? Nigel Watson, direktur eksekutif New Zealand Antarctic Heritage Trust, mengatakan bahwa wiski itu mungkin saja masih berbentuk cair.

“Saat diangkat, terdengar suara air dan tercium bau wiski di lemari pendingin, seperti itu tanda-tandanya,” kata Watson.

Wiski itu ditemukan sebuah tim Antarctic Heritage Trust pada 2006, namun tidak langsung bisa diambil karena terlalu dalam tertanam dalam lapisan es.

Menurut Watson, wiski itu mungkin saja masih bisa diminum, namun kemungkinan besar tidak akan dicicipi.

“(Wiski) itu sudah tersimpan dalam es selama 100 tahun jadi saya rasa itu bukan gagasan yang baik. Tapi jumlahnya amat terbatas, dan yang jadi fokus kami adalah konservasi, bukan untuk diminum,” pungkasnya.


About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: