DPR Sesalkan Aksi Coret Atap Pong Harjatmo

Aksi Pong Turut Di-retweet Sherina

"Jujur, adil, tegas" yang ditulis Pong di atas atap gedung DPR

"Jujur, adil, tegas" yang ditulis Pong di atas atap gedung DPR

AKSI aktor kawakan Pong Harjatmo yang memprotes Dewan Keamanan Rakyat dengan mencoret atap gedung tersebut mendapat banyak perhatian. Pong mengaku melakukan itu untuk menyentil kinerja anggota dewan yang dinilainya mengecewakan. Tapi, aksi itu disesalkan anggota dewan.

Seperti diwartakan VIVAnews, Pong sudah kecewa terhadap DPR, apalagi ketika mengetahui bahwa para anggota dewan yang terhormat sering bolos sidang yang notabene membicarakan mengenai kepentingan rakyat.

“Pemerintah dan anggota DPR tidak pernah tuntas melakukan tugasnya. Sekarang tambah lagi anggotanya membolos,” kata Pong.

Di atap gedung DPR, Pong mencoretkan kata-kata “Jujur, Adil, Tegas” di atas tempurung kura-kura yang jadi atap gedung DPR.

Aksi Pong pun menjadi perbincangan luas dan menggema di dunia maya. Bahkan, topik #pongharjatmo turut di-retweet oleh Sherina, ia me-retweet status user @jokoanwar.

“RT @jokoanwar: Move over, Reong Kacun, we need #pongharjatmo on the TT to show the world our hero. Tolong bantuin, yaa…”

Tapi, aksi Pong Harjatmo tersebut disesalkan anggota dewan. Seperti diberitakan VIVAnews:

Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat, Saan Mustofa memahami ketidakpuasan aktor kawakan Pong Harjatmo terhadap kinerja anggota DPR. Namun ia sedikit menyesalkan ekspresi kekecewaan Pong yang ditunjukkan dengan aksi vandalisme, mencorat-coret Gedung DPR.

“Menyampaikan aspirasi kan idealnya tidak dengan cara merusak fasilitas negara. Kesal ke anggota DPR, kok malah gedung yang jadi korban?” kata Saan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 30 Juli 2010.

Kata Saan, jika memang tidak suka anggota dewan, tak perlu sampai mencoret gedung.

“Ada aturannya untuk menyampaikan pendapat dan kekecewaan secara lebih elegan,” ujar Saan. Bagaimana pun, katanya, seluruh warga negara berhak untuk menyampaikan protesnya kepada pejabat negara.

Menurutnya, publik sah-sah saja merasa kecewa, dan kekecewaan itu sebaiknya disampaikan langsung pada anggota DPR.

“Sekasar apa pun kata-kata publik, kami bisa menahan perasaan, karena rakyat juga mungkin tersakiti oleh kami,” tutur Saan.

Ia berpendapat, ekspektasi rakyat pada anggota-anggota baru DPR memang sangat tinggi, sehingga wajar ketika harapan itu tak terpenuhi, maka kekecewaan merebak di mana-mana.

“Itu menjadi bagian dari introspeksi kami,” ujar Saan.

Pong Harjatmo pun ditangkap Pasukan Pengamanan Dalam (Pamdal) dan dibawa ke Polsek Tanah Abang. Namun ia sudah dibebaskan setelah menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya, dan untuk mengganti kerugian yang ditimbulkan atas aksi corat-coretnya.

“Saya akan menyuruh orang untuk mengecat gedung yang saya corat-coret,” kata Pong di pos pengamanan DPR, sebelum dibawa ke Polsek Tanah Abang.

Apakah Pong siap jika nanti ditahan?

“Itu sudah risiko,” katanya ringan.

Pong mengaku berhasil menyusup ke dalam DPR saat joging di pagi hari. Ia bahkan sampai memanjat gedungnya karena kelalaian pihak keamanan DPR.

“Saya sudah datang dari pagi kok. Saya juga leluasa mengecat gedung,” ungkapnya.

Kata Pong, aktivitasnya joging di pagi hari sudah biasa dilakukan.

“Tadi saya malah disapa pamdal,” tutupnya.

Tapi, jika yang dilakukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat seperti gambar di bawah ini, tentu rakyat Indonesia, bukan hanya Pong Harjatmo, layak kecewa. Betapa tidak, mereka yang mengantongi gaji besar – belum terhitung tunjangan – tidak menunjukkan kinerja yang memadai.

Anggota DPR tidur saat bersidang

Anggota DPR tidur saat bersidang

Kalau memang keadaannya begini siapa yang salah, Pong atau DPR?


About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: