Manusia Idealnya Tidur Tujuh Jam

Waktu tidur ideal manusia adalah tujuh jam

Waktu tidur ideal manusia adalah tujuh jam

TINGGINYA tingkat aktivitas seseorang terkadang membuat seseorang mengalami kekurangan waktu istirahat. Padahal idealnya menurut penelitian Fakultas kedokteran West Virginia University’s (WVU) waktu ideal manusia tidur adalah tujuh jam.

Orang yang tidur kurang dari tujuh jam per hari berisiko mengalami gangguan karidovaskuler (jantung dan pembuluh darah. Gangguan tersebut akan memicu sejumlah penyakit seperti jantung koroner, atau bahkan stroke.

Seperti dilansir Straits Times, Minggu (1/8/2010), Penelitian dilakukan dengan menganalisa data sekira 30.000 orang yang dikumpulkan sejak tahun 2005. hasil penelitian menunjukkan bahwa orang berusia 60 tahun ke bawah yang hanya tidur sekitar lima jam sehari dan di bawahnya tiga kali lebih mudah terserang penyakit jantung ketimbang orang yang tidur tujuh jam ke atas.

Sementara itu studi lain yang diterbitkan di jurnal ‘Sleep’ menunjukkan bahwa terkadang berbaring di tempat tidur manfaatnya sedikit bagi mereka yang memang hanya memiliki waktu tidur terlalu sedikit.

Dalam penelitian itu, David Dinges, dokter University of Pennsylvania, menemukan bahwa 142 orang dewasa yang tidur sangat terbatas selama lima hari memiliki reaksi lebih lamban dan tak fokus dalam bekerja. Setelah mengalami pemulihan dengan tidur, reaksi orang-orang tersebut meningkat secara signifikan, dan peningkatan terbesar terlihat pada mereka yang diizinkan untuk menghabiskan 10 jam di tempat tidur setelah seminggu dengan hanya empat jam tidur malam.

“Satu jam tambahan atau dua jam dari tidur di pagi hari setelah mengalami kekurangan waktu tidur memiliki manfaat tinggi untuk pemulihan,” kata Dinges. (okezone)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: