Bukan Dinosaurus Binatang Tertua di Bumi, tapi Nenek Moyang Spongebob

Fosil binatang sejenis spons purba yang menempel pada batu karang.

Fosil binatang sejenis spons purba yang menempel pada batu karang.

SYDNEY (A26 News) – Para ilmuwan mungkin saja telah menemukan fosil tertua di bumi, dan fosil itu bukan berupa binatang besar seperti layaknya dinosaurus, melainkan makhluk primitif seperti spons yang habitatnya di terumbu karang di lautan. Makhluk tersebut ditengarai berasal dari 635 juta tahun yang lalu.

Fosil tersebut ditemukan di bawah aliran sungaui es di sebelah selatan Australia. Penemuan fosil itu menjadi bukti bentuk awal binatang yang bahkan mendahului bukti-bukti lainnya, setidaknya selama 70 juta tahun.

“Para ilmuwan telah menemukan bahwa binatang mungkin saja sudah menjejakkan kaki di bumi lebih awal 90 juta tahun dari yang selama ini diperkirakan,” kata H. Richard Lane dari National Science Foundation’s Division of Earth Sciences, lembaga AS yang mendanai penelitian tersebut.

Sebelumnya, fosil tertua dari binatang bercangkang keras berasal dari dua organisme yang hidup di karang dan hidup pada sekitar 550 juta tahun silam, demikian dikutip A26 dari laporan jurnal Nature Geoscience.

Peneliti asal Princeton University, Adam Maloof dan Catherine Rose menemukan fosil baru tersebut sembari mengerjakan sebuah proyek yang berfokus pada kerasnya akibat zaman es yang menandai akhir periode Cyrogenian, sekitar 635 juta tahun yang lalu, demikian bunyi pernyataan dari Princeton.

Penemuan fosil tersebut menjadi bukti langsung pertama bahwa binatang sudah hidup jauh sebelum, dan mungkin selamat setelah peristiwa yang membuat bumi diliputi es pada akhir era Cyrogenian.

“Kami sudah biasa menemukan batu yang ditempeli lumpur kering, dan awalnya kami kira hal itu yang kami lihat,” kata Maloof.

“Tapi, kemudian kami menyadari adanya pengulangan pola bentuk yang kami temukan di mana-mana. Kami menyadari bahwa kami telah menemukan semacam organisme, kami kemudian memutuskan untuk menganalisis fosil-fosil itu.”

“Tidak ada yang mengira kami bisa menemukan binatang yang hidup sebelum zaman es. Karena binatang mungkin tidak berevolusi dua kali, maka kami dihadapkan pada pertanyaan, bagaimana binatang yang hidup di karang ini selamat dari zaman es?”

Like this at Facebook! Bookmark on delicious Add this anywhere

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

One Response to Bukan Dinosaurus Binatang Tertua di Bumi, tapi Nenek Moyang Spongebob

  1. wah terima kasihnya atas artikelnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: