Suka Bersaing, Alasan Wanita Rebut Pasangan Orang

Pria yang memiliki pasangan memiliki daya tarik lebih.

Pria yang memiliki pasangan memiliki daya tarik lebih.

TIDAK sedikit wanita mengakui bahwa pria yang sudah memiliki pasangan terlihat lebih seksi, baik itu beristri ataupun punya kekasih. Secara naluri, wanita memang senang bersaing.

Pernah menyadari bagaimana seorang pria tiba-tiba terlihat lebih tampan ketika sudah bergandengan dengan seorang wanita? Sebut saja Ryan Reynolds. Status lajangnya kurang dilirik sampai akhirnya ia menikah dengan Scarlett Johansson. Atau, Justin Long yang nyaris tidak terdaftar sebagai pria seksi ternyata bisa menggaet Drew Barrymore. Menurut sebuah studi baru, fenomena ini tidak terbatas pada artis Hollywood.

Adalah para peneliti Oklahoma State University yang mengungkapkan fenomena tersebut. Para peneliti meminta wanita lajang untuk menggambarkan karakteristik pria idealnya. Para peneliti menunjukkan gambar pria yang “sempurna” dan bertanya apakah mereka akan berkencan dengannya. Ketika diberi tahu bahwa gambar pria yang mereka pilih masih single, sebanyak 59 persennya mengatakan ingin berkencan dengannya. Yang mengejutkan, ketika diberitahu bahwa pria tersebut sudah punya kekasih, sebanyak 90 persen wanita mengatakan bersemangat untuk mengencaninya.

Kesimpulan, dengan mengetahui status seorang pria membuatnya lebih menarik di mata wanita. Apakah artinya banyak wanita gemar merebut kekasih atau suami wanita lain? Cosmopolitan menggali lebih dalam alasan di balik hal tabu ini.

Insting dasar

Untuk beberapa ahli, jawabannya terletak pada insting dasar wanita yang secara otomatis menyukai persaingan secara terbuka, salah satunya dengan menggoda pria yang tidak lagi single.

“Menemukan pasangan ideal adalah masalah hidup dan mati. Jika seorang pria tidak bisa melindungi dan membuktikan cintanya, wanita tidak akan bertahan,” kata ahli biologi-antropolog Helen Fisher PhD, yang juga penulis buku Why We Love.

Jadi ketika kita melihat seorang pria berhasil menjalin hubungan yang membahagiakan, bagian dari insting wanita mengatakan pikiran jahat, bahwa ia pun bisa merasakan kebahagiaan yang sama dengan pria tersebut.

Sebab lainnya, keinginan wanita untuk disayang pasangannya.

“Sebagian wanita tanpa sadar tertarik kepada pria yang telah berpasangan karena mereka melihatnya memainkan peran pria yang sangat romantis,” kata terapis pasangan Deborah Dunn, sekaligus penulis Stupid About Men.

Saat melihat seorang pria mencurahkan kasih sayang kepada kekasihnya dengan memegang tangan atau membukakan pintu untuknya, wanita memberinya predikat Prince Charming.

“Padahal, ia tidak melihat sisi jelek sang pria, seperti kebiasaanya bersendawa, kepribadiannya yang sangat moody, dan sebagainya yang ternyata bisa dimaklumi kekasih sang pria,” tegas Dunn.

Mengapa wanita lain tidak melakukannya

Sebagian wanita mengambil rute yang sama dengan Angelina Jolie, yakni merebut pria berpasangan, tapi kebanyakan masih berat menimbang status pria idamannya. Kalau memang tak lagi single, tak usah dikejar. Bukan karena mereka ingin menenggelamkan insting dasarnya, tapi perlunya menghormati hubungan orang lain.

“Secara keseluruhan, wanita sangat menghormati hubungan orang lain,” kata Debbie Magids PhD, salah satu penulis All the Good Ones Aren’t Taken.

Belum lagi keharusan untuk menjaga reputasi diri sebersih mungkin.

“Banyak orang pintar menyayangi teman-teman, karier, dan komunitas mereka, dan mereka tidak mau mengacaukan itu,” kata Magids.

Tidak berlaku pada pria

Insting dasar wanita untuk merebut kekasih wanita lain ternyata tidak ditemui pada pria. Sebab, studi yang sama menemukan bahwa pria tidak memiliki preferensi terhadap wanita yang sudah punya pasangan.

“Pria tidak perlu menyikut (pria lain) seperti halnya wanita untuk menjawab perasaan naluriahnya bahwa seorang wanita yang ditemuinya akan menjadi pasangan yang baik,” jelasnya.

Nyatanya, pria punya kriteria tersendiri saat memilih wanita idaman.

“Mereka mencari tanda-tanda fisik kesuburan pada diri seorang wanita yaitu wanita yang memiliki rasio pinggang-pinggul ideal. Dan itu bisa dilihatnya secara visual,” tegasnya. (okezone)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

One Response to Suka Bersaing, Alasan Wanita Rebut Pasangan Orang

  1. Pingback: Tidak ada mail masuk | Duniamaya.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: