Trik untuk Meredam Amarah

Amarah yang tak terkontrol bisa merugikan.

Amarah yang tak terkontrol bisa merugikan.

SETIAP orang pasti memilki karakter dan sifat berbeda satu sama lain. Seperti: pemarah, penyabar, penyayang, atau mudah tersinggung. Tapi, bagaimana jika Anda adalah tipe pemarah, mudah tersulut emosi dan sulit meredam amarah? Jika sikap ini terus melekat, bisa berefek buruk pada kehidupan Anda.

Jika ingin mengendalikan emosi Anda yang meluap-luap, cobalah kenali lebih jauh permasalahan yang jadi penyebab kemarahan Anda. Dari situ, Anda bisa menekan emosi lewat cara yang tepat dalam merespons masalah.

Berikut ini beberapa strategi untuk menangani masalah emosi Anda, dikutip dari Ezinearticles.

Cobalah tidak berkata apa-apa
Ketika sedang dalam suasana hati yang buruk, emosi yang meledak bisa membuat Anda melakukan tindakan agresif. Jika membiarkan diri untuk berkata sesuatu dalam suasana seperti itu bisa jadi akan menyakiti perasaan orang lain serta memperparah hubungan. Berdiam diri selama beberapa waktu akan membantu membiarkan diri melepaskan perasaan kemarahan.

Ambil napas dalam-dalam
Cara sederhana ini merupakan jurus paling ampuh dalam menghadapi suasana hati yang tidak menentu. Setiap kali Anda ingin marah, segeralah menurunkan bahu Anda dan bernapas dalam-dalam. Ini akan membantu Anda untuk lebih tenang dan santai.

Berolahraga
Anda dapat mengubah kemarahan menjadi energi dengan berolahraga. Gerak langkah dapat mendukung pikiran Anda untuk melepaskan zat kimia otak yang akan membantu Anda tenang.

Usahakan tidur
Jika Anda merasa kesal dengan seseorang di malam hari, mungkin karena saat itu Anda sedang merasa lelah. Tapi, coba paksakan diri Anda untuk menunda kemarahan yang berapi-api dan cobalah untuk tidur. Jika Anda berhasil, keesokan paginya kemarahan biasanya akan mereda.

Menerima kesalahan
Sebagian orang banyak yang membenci dirinya ketika melakukan kesalahan. Bahkan tidak bisa mengakui kesalahannya. Tapi, coba renungkan kesalahan yang telah Anda perbuat. Berhentilah bertanya pada diri sendiri “Apakah aku salah?”, tanggapi kesalahan yang Anda lakukan dengan kelembutan, bukan kemarahan.

Tertawa
Humor adalah jawaban untuk segala sesuatu, olahraga pun demikian. Jika benar-benar tak bisa menahan amarah, coba siapkan lelucon, atau mengolok-olok diri sendiri, atau berteriak dengan kata-kata lucu. (VIVAnews)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: