Ditemukan Sup China Berusia 2.400 Tahun!

Liu Daiyun, seorang arkeolog, memungut tulang dari guci perunggu berisi sup.

Liu Daiyun, seorang arkeolog, memungut tulang dari guci perunggu berisi sup.

BEIJING (A26 News) – Para arkeolog China meyakini bahwa mereka telah menemukan sebuah guci berisi sup yang usianya mencapai 2.400 tahun. Panci sup tersebut tersegel dalam sebuah wadah memasak yang terbuat dari perunggu dan digali di dekat ibu kota kuno, Xian, demikian dilansir media setempat, Senin (13/12).

“Ini merupakan penemuan sup tulang pertama sepanjang sejarah arkeologi China,” kata Liu Daiyun dari Institut Arkeologi Provinsi Shaanxi seperti dikutip A26 dari kabar yang dilansir Global Times.

“Penemuan ini akan penting artinya dalam mempelajari kebiasaan makan serta budaya pada Periode Perang (475-221 Sebelum Masehi),” tambahnya.

Sup dan tulang belulang tersebut ditemukan di sebuah peti perunggu kecil di dalam sebuah makam yang digali untuk membuka lahan perluasan bandara di Xian, yang menjadi lokasi penemuan prajurit tanah liat yang legendaris itu.

Cairan dan tulang dalam wadah tersebut berubah warna menjadi hijau karena proses oksidasi perunggu. Disebutkan bahwa para ilmuwan akan melakukan pengujian lebih lanjut untuk memastikan bahwa cairan yang ditemukan memang benar sup, mereka juga ingin mencari tahu bahan-bahannya.

Para arkeolog juga menggali sebuah wadah perunggu lainnya yang berisi cairan tak berbau dalam makam tersebut. Cairan yang diyakini minuman anggur tersebut bisa saja menjadi milik anggota kelas pemilik tanah, atau seorang perwira militer, demikian ditambahkan laporan itu.

Xian, sebuah kota yang menjadi ibu kota kuno China selama lebih dari 1.100 tahun, tersohor dengan penemuan tentara terakota di lokasi penguburan Qin Shihuang yang berkuasa pada saat unifikasi China pada 221 SM dan mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar pertama.

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: