Konsumsi Sayuran Hindarkan Katarak

Sayuran.

Sayuran.

TAHUKAH Anda, mengonsumsi banyak sayuran sekaligus mengurangi makan daging setiap hari mampu menurunkan risiko terkena serangan katarak? Penelitian di Inggris telah membuktikan itu.

“Orang yang tidak makan daging memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk menderita katarak dalam perkembangannya,” kata Naomi Alle, ahli epidemiologi Universitas Oxford, Inggris, yang juga ikut terlibat dalam studi ini, dikutip dari laman Health.

Hal itu diketahui setelah dilakukan survei diet selama 15 tahun. Para peneliti menemukan sekitar 3 dari 50 orang yang mengonsumsi daging menderita katarak. Sedangkan dari 50 orang yang vegan dan vegetarian hanya dijumpai 2 orang yang menderita katarak.

Hasil survei ini lalu diterjemahkan bahwa para vegetarian dan vegan memiliki risiko katarak lebih rendah 30 hingga 40 persen dibandingkan dengan mereka yang memakan daging.

Dalam studi ini tidak menunjukkan bahwa makan daging bisa menyebabkan katarak. Sebaliknya mengonsumsi sayuran yang banyak bisa mencegahnya.

Beberapa penelitian sebelumnya telah mengkaitkan nutrisi tertentu dalam makanan nabati untuk menurunkan risiko katarak. Diet vegetarian dan vegan hanya menjadi perilaku sehat untuk menurunkan risiko penyakit mata itu.

Temuan Naomi Alle ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan di India. Penelitian itu mengungkapkan vegetarian justru meningkatkan risiko katarak.

“Ini berarti sampai saat ini belum diketahui apa yang mempengaruhi katarak. Mungkin gaya hidup yang berlebih. Mungkin juga ada faktor lain dalam menyebabkan katarak selain diet,” kata dr. Dodick, Kepala Departemen Kedokteran Mata di New York University Medical Center Langone seperti yang dilansir dari Health 24.

Dr. Dodick juga mengungkapkan bahwa setiap tahun ada 3,5 juta tindak operasi katarak. Ditambahkannya, untuk mengurangi angka katarak, gaya hidup sehat dengan olahraga dan memperbaiki pola makan, bisa dilakukan. (VIVAnews)

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: