Penglihatan Tunarungu Lampaui Orang Normal

Telinga.

Telinga.

TUNARUNGU atau orang yang tidak bisa mendengar ternyata memiliki penglihatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang-orang yang pendengarannya normal, hal itu tampak dalam hasil sebuah penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa retina dari orang-orang yang terlahir tunarungu atau yang kehilangan pendengaran saat masih kecil memiliki perkembangan yang berbeda dengan orang-orang yang bisa mendengar.

Hal ini membuat tunarungu memiliki penglihatan menyamping yang lebih bagus dan memungkinkan mereka melihat lebih banyak, dan hal itu meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap sekeliling dan kemungkinan bahaya.

Para peneliti di University of Sheffield menemukan bahwa sel-sel saraf retina memiliki penyebaran yang berbeda pada orang-orang tunarungu jika dibandingkan dengan orang-orang yang bisa mendengar.

Meski dalam penelitian terdahulu sudah ditemukan hubungan antara cacat pendengaran dengan peningkatan visi ke sampung, para ilmuwan awalnya mengira yang menyebabkan itu adalah korteks penglihatan di otak, bukannya retina.

Atas nama Royal National Institute for Deaf People, para peneliti Sheffield menggunakan pemeriksaan ocular coherence tomography (OCT) untuk memindai retina orang-orang yang menjadi objek penelitian dalam studi tersebut.

Para ilmuwan memperbesar pupil mata mereka sebelum memindai retina mereka. Para ilmuwan juga mengukur kemampuan penglihatan kedua mata untuk kemudian dibandingkan dengan hasil pemindaian retina.

Hasilnya, sebagaimana dirilis dalam jurnal PLoS ONE, menemukan adanya korelasi signifikan antara perubahan penyebaran retina pada orang tunarungu dengan dampaknya terhadap peningkatan penglihatan yang lebih luas.

About A26
Copyright © 2010 Aktual26. All rights reserved. The materials (partial or whole) in this site can only be reproduced and rewritten with the writer’s (A26) consent. You may do otherwise provided you have added a trackback to the particular entry in this blog and wrote this site’s name as the source. A26 does not and never claim ownership of every image displayed in this site, except the ones I’ve photographed myself. All quoted, not written by me, news items and/or articles are properties of their respective owners. Learn more in bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: